Rabu, 27 November 2013

Jenis-jenis Sistem Pengolahan Data/Informasi


F.   Jenis-jenis Sistem Pengolahan Data / Informasi
Sistem informasi dikembangkan untuk tujuan yang berbeda-beda sesuai kebutuhan dari masing-masing organisasi. agar lebih jelas dalam pengolahan informasi pada tiap unit organisasi, maka berikut jenis-jenis sistem pengelolaan informasi:
1.     Office Automation System (OAS)
Pada OAS, karyawan tidak ditugaskan untuk menciptakan sebuah data, namun hanya mengolah melalui proses transformasi data. Hasilnya kemudian dinanalisis menjadi bentuk laporan yang dibutuhkan secara relevan dan akurat untuk disebarkan kepada sebagian atau seluruh devisi baik internal maupun ekesternal organisasi.
2.     Knowledge Work System (KWS)
Sedangkan KWS digunakan oleh para ahli dibidang penelitian, dibidang kedokteran, teknik, dll. Guna menciptakan data baru, bagi profesinya masing-masing sebagai wujud bagi pengembangan peradaban bangsa yang maju dari zaman ke zaman dan kemudian disebarkan keseluruh penjuru dunia.
3.     Transaction Processing System (TPS)
Merupakan sistem informasi yang dikembangkan guna memproses data dalam jumlah kapasitas yang besar dan bersifat rutin seperti pada transaksi, misal: data penjualan, bursa saham, payroll, dll.
4.     Sistem Informasi Manajemen (SIM)
SIM merupaka sistem pertama yang dibentuk untuk jaringan informasi pada sebuah organisasi yang menjadi basis data. Pada SIM, pengolahan data masih bersifat menggunakan software yang lama dibanding dengan PSS.
5.     Decision Support System (DSS)
Merupakan pengembangan dari SIM yang lebih mutkhair dan berfokus pada proses pengambilan keputusan oleh pimpinan disetiap level secara aktual. Sistem ini bersumber dari basis data.

G.  Aplikasi Pengolahan Data di Tempat Kerja
Setiap unit kerja pasti melakukan pengolahan data, data yang diolah berasal dari sumber unit yang lebih kecil dibawahnya, seperti data untuk direktur berasal dari informasi para manajernya begitupun data yang diperoleh, seorang manajer berasal dari staff dibawah koordinasinnya. Banyak sekali keterangan yang dapat dibuat menjadi sebuah informasi / data perusahaan. Berikut adalah contoh hasil pengolahan data ditempat kerja, data keuangan, personalia, keuangan, adm. umum, pemasaran dan data produksi.

2 komentar:

  1. maaf sebelumnya.
    kakak,yang nomor 4 kalimat terakhir itu "menggunakan software yang lama dibanding DSS kan bukan PSS, kakak typo :D

    BalasHapus